Wisata Air Terjun Sri Gethuk Di Gunung Kidul

Wisata Air Terjun Sri Gethuk Di Gunung Kidul zonawisatakuliner

Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Yogyakarta. Kabupaten Gunung Kidul (GK) ini mempunyai banyak tempat wisata, dari wisata pantai, wisata gua, wisata alam dan air terjun. Dan akhir-akhir ini banyak ditemukan lagi tempat-tempat wisata baru di Gunung Kidul.

Wisata Air Terjun Sri Gethuk Di Gunung Kidul zonawisatakuliner

Gunung Kidul dikenal dengan daerah dengan kondisi yang kering, namun begitu banyak sekali tempat-tempat indah yang bisa dijadikan tempat wisata dan mendatangkan banyak sekali para wisatawan. Salah satu yang sedang populer yaitu wisata air terjun Sri Gethuk.

Wisata Air Terjun Sri Gethuk Di Gunung Kidul zonawisatakuliner
Sumber foto jogjakartour.com

Bagi anda yang ingin berlibur menikmati indah nya air terjun, air terjun Sri Gethuk wajib anda kunjungi. Karena apa? Sri Gethuk mempunyai pemandangan yang bagus, dengan pemandangan alam yang indah nan elok, pepohonan yang hijau teduh, sungai yang lebar dan arus tidak begitu deras, sehingga bisa buat berenang. Selain itu tentunya keindahan air terjun itu sendiri yang begitu wooowww..... airnya begitu dingin sehingga membuat daerah sekitar air terjun menjadi sejuk dan enak buat bersantai serta untuk melepas lelah. Cocok untuk tempat rekreasi keluarga, tempat refreshing yang menginginkan pikiran menjadi leih tenang dan nyaman.

Wisata Air Terjun Sri Gethuk Di Gunung Kidul zonawisatakuliner
Ketika sehabis hujan deras sumber foto kompasiana.com
Baut anda yang belum tahu dimana alamat air terjun Sri Gethuk, disini akan saya kasih infonya jadi tenang saja. Alamat lengkap air terjun Gunung Kidul yaitu : terletak di Desa Wisata Bleberan, tepatnya di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk titik koordinat GPS air terjun Sri gethuk yaitu : S7°56'36" E110°29'21".


Rute menuju lokasi Air terjun Sri Gethuk dari tempat parkir, yaitu bagi anda yang menyukai dan ingin lebih menikmati sungai yang ada, anda bisa menggunakan jasa perahu Gethek (perahu seadanya yang terbuat dari papan, bambu dan pelampung dari drum bekas yang dilengkapi dengan mesin disel). Perahu ini aman, jadi enjoy aja sewaktu di perahu. Untuk tarif terbarunya saya belum tahu, namun dahulu cukup dengan 5000 saja sudah dapat.

Wisata Air Terjun Sri Gethuk Di Gunung Kidul zonawisatakuliner
Wisata Air Terjun Sri Gethuk Di Gunung Kidul zonawisatakuliner

Lalu cara kedua yaitu dengan jalan kaki, ya... kira-kira sekitar 30 menit lah. Anda akan dimanjakan dengan melihat pemandangan sawah, air terjun kecil-kecil, sungai kecil serta jalan yang sedikit naik turun.  Anda tinggal mengikuti jalan yang terbuat dari semen, pasti akan ssampai pada lokasi air terjun Sri Gethuk tersebut.

Wisata Air Terjun Sri Gethuk Di Gunung Kidul zonawisatakuliner

Kedua cara tersebut menurut saya perlu anda coba semua untuk merasakan sensasi yang ada. Anda bisa berangkat menuju air terjun dengan naik kapal, lalu saat kembalinya jalan kaki, sehingga dengan begitu anda dapat benar-benaar menikmati keindahan yang ada disekitar air terjun Sri Gethuk tersebut.

Namun untuk urusan fasilitas disini masih perlu tambahan lagi, ya maklum karena masih baru sehingga fasilitasnya pun belum seperti di tempat wisata yang sudah duluan ada. Namun kalau hanya sekeddar makan minum dan MCK sudah ada. Jadi tenang dan nikmati saja keindahan yang ditawarkan oleh air terjun Sri gethuk.

O.. iya.. disini juga ada yang menjual makanan khas tradisionl Gunung Kidul juga lho, contohnya thiwul, gula semut, gathot dan masih banyak lagi.


Tips Berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk

Berkunjunglah pada musim penghujan, supaya anda bisa melihat air terjun dengan debit air yang besar. Berbeda pada saat musim kemarau debit air bisa kecil.
Jangan lupa membawa pakain ganti serta peralatan mandi, karna pastinya setiba disana anda pasti bermain air heheh, jadi akan lebih enjoy bila anda sudah tidak memikirkan pakain ganti karena sudah membawa dari rumah.

Bawa juga kamera ya, apalagi kamera yang underwater, biar lebih maksimal dalam mengabadikan momen anda disana heheheh.


Menurut saya air terjun SriGethuk merupakan air terjun terindah yang ada di Jogja. Kalau gak percaya coba perhatikan foto-foto yang ada dengan seksama dan kalau ingin lebih pasti cukup anda segera kesana dech, ngajak keluarga atau orang tercinta anda. Setelah berkunjung bagaimana menurut anda, apakah sepakat dengan saya bahwa air terjun Sri Gethuk merupakan air terjun terindah di Jogja?

Baca juga keindahan yang ada di Candi Prambanan



Comments