GUA JOMBLANG Dan LUWENG GRUBUNG YANG MEMPESONA



Gua Jomblang Dan Luweng Grubung Yang Mempesona
Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indoensia



Gua Jomblang merupakan salah satu tempat wisata yang berada di wilayah Gunung Kidul. Gua Jomblang ini berupa gua vertikal yang dasarannya rapat yang terletak di Hutan Purba. Seperti lorong dengan panjang -+ 300 an meter dan dihiasi dengan ornamen gua yang indah yang menemani anda ketika menuju Gua Grubug, dimana anda akan bisa melihat cahaya yang menerobos masuk ke gua tersebut.

Gua Jomblang atau goa vertical ini terjadi akibat proses geologi yaitu amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada diatasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan inilah yang kemudia membentuk sinkhole atau yang dikenal dengan sebutan sumuran/luweng dengan luas mulut gua sekitar 50 an meter persegi.     



Menuju Lokasi Gua Jomblang dengan bantuan google maps

Comments