CANDI BOROBUDUR YANG BEGITU GAGAH

CANDI BOROBUDUR AYO NGETRIP

CANDI BOROBUDUR merupakan salah satu candi yang dibangun ada masa Dinasti Syailendra sekaligus menjadi candi termegah di dunia. Dengan ditetapkannya oleh UNESCO sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia. Maka sebagai warga jogja dan sekitarnya kita haruslah bangga dan mampu terus menjaga candi tersebut.

Sebenarnya Candi Borobudur ini terletak di Kabupaten Magelang Jawa Tengah, namun kebanyak wisatawan mengetahuinya berada di Jogja. Mungkin dikarenakan karena hampir semua wisatawan berkunjung ke Yogyakarta dahulu baru ke Borobudur.

CANDI BOROBUDUR AYO NGETRIP

Candi Borobudur ini memang sangat mempesona kebanyakan wisatawan yang berkunjung kesana, baik wisatawan asing atau lokal. Bagaimana tidak menawan dengan hanya melihat bentuk bangunan nya pun kita akan terpesona dengan gagahnya Candi Borobudur berdiri. Apa lagi dengan melihat sejarahnya “wooowww”, anda pasti akan terbayang bagaimana cara membuatnya. Dimana pada jaman dahulu belum memiliki peralatan yang serba moderen seperti sekarang ini. Namun bagaimana mungkin bisa menghasilkan karya termegah ini?

CANDI BOROBUDUR AYO NGETRIP

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur dan ingin sampai ke puncak candi, bisa anda lalui dengan berjalan kaki mengitari candi tersebut secara pradaksina atau berputar searah jarum jam, seperti yang dilakukan oleh para peziarah zaman dahulu. Dimulai dari tingkat pertama berjalan ke kiri baru naik ke tingkat selanjutnya, sampai seterusnya sampai puncak. Dengan begitu anda akan menemukan banyaknya relief yang menarik dan membuat semakin mempesonanya candi Borobudur tersebut.

Selain itu anda juga dapat menikmati hal yang lain, seperti mengunjungi Museum Karmawibangga serta Museum Kapal Samudraraksa dengan gratis. Atau menaiki kereta kelinci, gajah tunggang ataupun sepeda tandem untuk berkeliling di komplek Borobudur.
Masih ada lagi salah satu keindahan yang ditunggu-tunggu di Candi Borobudur, yaitu sunset di atas candi Borobudur. Agar dapat menikmati sunset di atas candi Borobudur anda perlu membeli tiket khusus di hotel Manohara yang letaknya masih dalam komplek candi. Karena kalau tidak kita tidak dapat menikmati sunset di atas candi Borobudur dikarenakan jam buka candi Borobudur tersebut.

CANDI BOROBUDUR AYO NGETRIP


TIPS BERWISATA DI CANDI BOROBUDUR

Gunakahlah alas kaki yang nyaman. Karena lokasi Borobudur sangatlah luas dan untuk menempuhnya harus berjalan kaki, maka sebaginya anda menggunakan alas kaki yang terasa nyaman buat anda.

Jangan lupa bawa payung. Karena di tepat di lokasi candi sangat panas dan kurangnya tempat untuk berteduh, alangkah baiknya anda menggunakan payung untuk mengurangi rasa terik matahari.

Jangan lupa membawa bekal minuman atau makanan ringan. Supaya bila anda merasa haus ataupun lapar pada saat mengitari Candi Borobudur, anda bisa makan bekal anda. “nyammmm.....”

Berkunjunglah pada waktu pagi atau sore hari atau jangan pada waktu liburan. Ini agar anda tidak terganggu dengan teriknya matahari dalam menikmati keindahan Candi Borobudur tersebut. Selain itu pada waktu tersebut kondisi Borobudur juga tidak terlalu ramai. Sehingga anda akan lebih banak kesempatan untuk berfoto ria, tanpa harus menunggu tempat berfoto ehhehheh.


Sekian dahulu info Candi Borobudur dari “zona wisata kulner”, semoga perjalanan wisata anda menyenangkan.

Sumber gambar : google

Comments